/15 Tanda-Tanda Dia Jodohmu (1)

15 Tanda-Tanda Dia Jodohmu (1)

15 Tanda-Tanda Dia Jodohmu (1)

REZEKI, maut dan jodoh memang telah tetapkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebelum kita dilahirkan ke dunia ini. Karena itu semuanya tak akan pernah tertukar dari masing-masing orang. Dan kita sebagai manusia tidak perlu khawatir dengan semua ketetapannya, karena janji Allah itu pasti.

Sebagai manusia biasa, terkadang kita selalu mengkhawatirkan masalah jodoh. Apalagi yang sudah menginjak usia yang tidak muda lagi namun belum juga dipertemukan jodohnya. Padahal seharusnya kita tidak perlu risau, karena semuanya sudah Allah tentukan. Sebagaimana firman Allah dalam surat Ar-Ruum ayat 21 yang artinya:

“ Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kaum yang berfikir.” (QS Ar-Ruum : 21)

BACA JUGA: Inilah Ciri–ciri Jodoh Ideal

Perihal jodoh memang merupakan rahasia Allah dan hanya Allah satu-satunya yang mengetahui tentang misteri ini. Oleh karena itu dapat dikatakan sangat sulit untuk dilihat dan ditebak, atau bahkan mungkin malah kita abaikan. Manusia manapun tidak akan pernah ada yang dapat menebak rahasia Allah tersebut. Hal yang harus kita ketahui, sesungguhnya Allah telah mempersiapkan jodoh yang setara atau sesuai dengan kualitas diri masing-masing manusia. Maka dari itu ada pepatah mengatakan bahwa “ Jodoh adalah cerminan dirimu”.

Jika kita ingin mendapatkan jodoh yang baik, maka jadikanlah diri kita sebagai orang yang baik. Allah berfirman dalam surat An-Nuur ayat 26 yang artinya:

“ Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji pula adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).” (QS An-Nuur : 26)

Dari ayat di atas, dapat kita simpulkan bahwa sudah jelas Allah telah menjanjikan wanita yang keji akan mendapatkan laki-laki yang keji pula begitu pun sebaliknya. Dan wanita yang baik akan mendapatkan laki-laki yang baik pula begitu pun sebalikya.

Setiap manusia dipertemukan dengan jodohnya pada usia yang berbeda-beda. Ada yg bertemu jodohnya dalam usia yang masih muda, dan adapula yang dipertemukan dalam usia yang sudah senja. Namun hal ini tidak dapat dikatakan bahwa jodoh datang terlalu cepat atau datang terlalu telambat, karena sekali lagi bahwa jodoh merupakan rahasia Allah SWT. Lalu apakah ada tanda-tanda dari Allah bahwa jodoh kita sudah dekat apa masih jauh? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini:

1. Memiliki Keimanan Serta Sifat yang Mirip

Ketika seseorang bertemu dengan orang yang memiliki tingkat keimanan serta kemiripan sefat, bisa jadi itu merupakan pertanda dari Allah bahwa orang yang ditemuinya merupakan jodohnya. Seperti yang terkandung dalam surat An-Nuur ayat 26 yang sudah dibahas di atas, bahwa wanita baik-baik maka akan berjodoh dengan laki-laki baik pula. Seperti sudah dikatakan tadi bahwa jodoh merupakan cerminan diri. Baca juga mengenai doa mendapatkan jodoh dan rezeki menurut al quran.

2. Merasakan Ketentraman Jiwa

Sebagai makhluk sosial, pastilah akan sering terjadi interaksi antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya. Namun tidak jarang, dalam interaksi tersebut akan terjadi suatu keributan termasuk interaksi dengan lawan jenis.

Ketika hal ini terjadi, maka akan timbulah perasaan sakit hati, kecewa dan perasaan kesal lainnya. Untuk itu, jauhkan harapan kita dari orang tersebut karena itu bukan merupakan pertanda jodoh yang baik. Dan sebaliknya, apabila kita berinteraksi dengan seseorang yang membuat hati kita tenteram, damai, serta nyaman maka bisa jadi itu merupakan pertanda dari Allah bahwa orang tersebut adalah jodoh kita. Baca juga mengenai tanda jodoh sudah dekat menurut islam.

3. Dapat Saling Memaklumi Satu Sama Lain

Ketika kita bertemu dengan seseorang yang bisa memaklumi apapun keadaan kita, mungkin bisa saja Allah memberi kita pertanda bahwa jodoh kita adalah orang  tersebut. Perihal jodoh tidak ada yang rumit, jika memang dia jodoh kita tak ada satu pun yang dapat menghalangi untuk saling mencintai.

Dengan sendirinya akan timbul perasaan cinta di hati masing-masing dari kita, dan dari situlah kita akan saling memahami dan memaklumi bagaimana sifat kita, fisik kita serta dalam kondisi apapun. Baca juga mengenai cara mendekatkan jodoh dalam islam.

4. Dapat Memberikan Motivasi Satu Sama Lain

Setiap orang pastilah memiliki masalah masing-masing, dan hidup ini bagaikan roda, akan selalu berputar. Ada kalanya kita berada di atas, dan ada kalanya kita berada di bawah. Pada saat kita  tertimpa masalah, dan kehidupan kita berada diroda bawah saat ini pula kita memerlukan motivasi dari seseorang dan orang-orang terdekat kita.

Dari sini pula kita akan mengetahui orang yang mana yang masih berada dipihak kita dan masih memberikan support kepada kita. Karena kebanyakan orang akan menjauh ketika kita terpuruk atau tertimpa masalah. Sedangkan salah satu tanda jodoh dari Allah ialah orang yang dikirimkan Allah sebagai jodoh kita senantiasa akan selalu membantu kita.

Dia akan selalu ada untuk kita dalam keadaan senang maupun susah, dan dia selalu memiliki cara tersendiri untuk memotivasi kita. Baca juga mengenai doa untuk mendapatkan jodoh dalam islam.

BACA JUGA: “Bocoran” Ciri-ciri Jodohmu

5. Memiliki Akhlak dan Tutur Kata yang Bernilai Motivasi

Tanda jodoh dari Allah selanjutnya yaitu dapat dilihat dari akhlak dan tutur kata yang bernilai motivasi sehingga keduanya akan lebih dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Seseorang yang seperti ini akan selalu berusaha agar kita merasa bahagia dan terhindar dari perasaan sedih dan galau. Baca juga mengenai cara mendapatkan jodoh menurut islam.

6. Dapat Saling Memaafkan

Pada zaman sekarang ini, rasanya sulit menemukan orang yang mudah sekali memberikan maafnya apabila kita melakukan kesalahan. Namun, jika memang dia merupakan jodoh yang Allah kirimkan untuk kita maka dia akan memiliki perasaan yang tulus kepada kita dan akan selalu memaafkan kita tanpa alasan apapun.

7. Memiliki Kemantapan Dalam Hati Kita

Hati manusia itu tidak dapat menetap, artinya selalu berubah-rubah. Begitupun ketika kita memiliki rasa sayang terhadap seseorang khususnya lawan jenis. Apalagi jika kita sudah kenal betul dengan orang tersebut, maka ketika dia membuat kita kecewa pastilah perasaan itu akan berubah.

Namun berbeda halnya apabila memang dia merupaka jodoh kita, hati kita akan mantap dan tidak mudah goyah. Dan pastinya kemantapan hati ini harus didasari dengan meminta petunjuk dari-Nya. []

SUMBER: DALAMISLAM

 

15 Tanda-Tanda Dia Jodohmu (1)

Sumber