/8 Tips Penting untuk Meningkatkan Pembacaan Alquran (1)

8 Tips Penting untuk Meningkatkan Pembacaan Alquran (1)

8 Tips Penting untuk Meningkatkan Pembacaan Alquran (1)

SEPERTI halnya kita ingin selalu memperbarui diri, kita juga harus selalu memperbarui Tajwid kita. Artinya, ada lebih banyak bacaan Alquran kemudian hanya kata-kata atau irama dan irama.

Orang yang membaca Al-Qur’an tanpa Tajwid seperti seseorang berjalan di taman yang penuh dengan bunga-bunga indah dan menghancurkan bunga-bunga indah itu dengan kejam hanya karena dia tidak tahu bagaimana cara merawatnya – Dr. AbdulAzeez AbdulRaheem.

Jadi, kita perlu belajar Tajwid, mengurusnya dan menyikatnya dari waktu ke waktu sehingga kita tidak membuat atau mengulangi kesalahan apa pun secara sadar atau tidak sadar dalam pembacaan Al-Qur’an.

BACA JUGA: Kenapa Tajwid Penting Dipelajari?

Allah berfirman,

“..dan ucapkan Alquran dengan hafalan yang terukur’.” (QS Muzammil: 3).

Jadi, kita seharusnya memperindah pembacaan kita dengan Tajwid yang tepat menerapkan semua aturan dan karakteristik dengan benar.

Berikut adalah 8 tips untuk membantu Anda meningkatkan pembacaan Al-Qur’an Anda dengan cara yang mudah.

Pengucapan

Al-Qur’an adalah keseluruhan buku yang terdiri dari Surat dan Surat terdiri dari Ayah dan Ayah terdiri dari kata-kata dan kata-kata terdiri dari huruf. Dimulai dengan seberapa benar Anda mengucapkan huruf yang menghasilkan kata. Pertama-tama Anda perlu memahami huruf-huruf, bunyi-bunyinya, dan pelafalannya yang akan sangat membantu Anda dalam bacaan yang tepat. Jadi, Anda harus terlebih dahulu mempraktikkan suara setiap huruf dengan baik.

Lihat puisi Tajwid kami yang super menyenangkan dan mudah DI SINI. Ini akan membantu Anda mengucapkan setiap huruf dengan benar dan jelas, insya Allah.

Intonasi

Naik turunnya bacaan dan bagaimana Anda membuat suara / suara juga sangat penting. Anda perlu belajar dan memahami kapan harus meningkatkan suara, kapan harus memperlambat dan di mana harus diam untuk menyempurnakan bacaan Anda. Mengikuti karakteristik yang tepat, tanda-tanda dan aturan Tajwid akan membantu Anda lebih banyak dalam pembacaan yang tepat.

Kualitas bacaan

Anda sedang membaca buku yang diberkati di bumi. Buku yang dicintai oleh Allah Swt dan Nabi-Nya. Jadi, kualitas bacaan juga penting. Bacaan yang sederhana dan lembut adalah yang paling disukai daripada membaca Alquran dengan kecepatan tinggi yang tidak memberi kesan apa pun tentang apa yang Anda baca.

Bahkan, Sebuah penelitian dilakukan oleh Ghorbani et al. menunjukkan bahwa mendengarkan pembacaan Quran secara signifikan mengurangi tingkat kecemasan pada kelompok intervensi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

BACA JUGA: Learn Quran Tajwid: Aplikasi Belajar Quran Lokal yang Mendunia

Penelitian Qasemtabar et al. mengkonfirmasi hasil penelitian oleh Ghorbani et al. Sebuah studi oleh Heidari dan Shahbazi menunjukkan bahwa tingkat kecemasan dalam keperawatan dan mahasiswa kedokteran darurat secara signifikan lebih rendah selama ujian dengan pembacaan Al-Quran daripada ujian tanpa itu. Dan ada banyak lagi penelitian dalam hal ini.

Artikulasi aturan, vokal dll.

Tajwid diatur oleh beberapa aturan, seperti ucapan dan bunyi surat-surat, menyembunyikan dan membuka surat-surat dll. Kita harus mengenali setiap aturan, memberikan setiap surat Al-Qur’an hak dan kewajiban karakteristik mengamati aturan. Ini sangat penting. Oleh karena itu, artikulasi saat membaca sangat penting untuk pembacaan tanpa cacat. []

BACA JUGA: UNDERRSTANDQURAN

8 Tips Penting untuk Meningkatkan Pembacaan Alquran (1)

Sumber