Kapan Sebenarnya Kiamat akan Terjadi?

Di antara yang perlu diwaspadai menjelang kiamat adalah menyebarnya kekacauan. Rasulullah SAW bersabda, “Akan ada fitnah (kekacauan). Orang yang tidur lebih baik dibanding orang yang duduk. Orang yang duduk lebih baik dibanding yang berdiri. Orang yang berdiri lebih baik dibanding orang yang berjalan. Orang yang berjalan lebih baik dibanding orang yang terlibat membuat kekacauan.”

Sahabat bertanya, “Rasulullah, apa anjuranmu?” Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa punya unta, uruslah untanya. Barangsiapa yang punua kambing, uruslah kambingnya. Barang siapa yang punya tanah, uruslah tanahnya.”

BACA JUGA: Ketika Rasul Ditanya Soal Kiamat

Sahabat bertanya, “Bagaimana dengan orang yang tidak punya apa-apa?” Rasulullah SAW berkata, “Hendaknya dia mengambil pedangnya dan pukulkan bagian yang tajam ke atas batu. Lalu dia menyelamatkan diri semampunya.” (HR. Abu Daud)

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW berpesan agar kita menjaga lidah. Rasulullah SAW bersabda, “Akan ada fitnah (kekacauan) yang akan menimpa seluruh bangsa Arab. Para korbannya akan masuk neraka. Pada saat itu, lisan terasa lebih tajam dibanding tebasan pedang.” (HR. Abu Daud) []

SUMBER: HARAKAHISLAMIYAH

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *