Kekuatan Sholat Malam – Islampos

 

Oleh: Tiara Sri Wulandari
Mahasiswa STEI SEBI Semester 1
Prodi Akuntansi Syariah
wulandaritiara98@gmail.com

MUNGKIN kita sebagai seorang muslim tidak asing lagi mendengar kata sholat malam bukan? Ya,s holat malam atau dikenal dengan sholat tahajud atau sholat qiyamulail. Sholat Tahajud ialah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam. Sedikit nya dua rakaat, dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Waktu pelaksanaannya setelah sholat isya sampai terbit fajar. Berfirman Allah SWT di dalam Al-Qur’an: “Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.” (QS : Al-Isro’ : 79)

Sholat yang dilakukan pada waktu malam hanya dapat hanya dapat disebut sholat Tahajud dengan syarat apabila dikerjakan setelah bangun dari tidur malam. Waktu pelaksanaan sholat Tahajud ini terbagi menjadi 3 waktu, yaitu: di sepertiga pertama, kira-kira dari jam 19 sampai dengan jam 22 ini adalah saat utama. Di sepertiga kedua, kira-kira dari jam 22 sampai dengan jam 1 ini adalah saat lebih utama. Dan sepertiga ketiga kira-kira dari jam 1 sampai dengan masuknya waktu subuh ini adalah saat yang paling utama.

Tahajud time atau bisa dibilang ‘waktunya Tahajud’. Tidurmu boleh lelap, tapi sempatkan dirimu terbangun kala malam kian pekat, haturkan sujudmu menjemput Rahmat, yang disaksikan oleh malaikat, dan menjadi syafaat di akhirat.

Perlu kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat Tahajud, yaitu sebagai tiket masuk surga, amal yang bisa menolong di akhirat, pembersih penyakit hati dan jasmani, sarana meraih kemuliaan, jalan mendapatkan Rahmat, sarana pengabulan doa, dan sebagai penolong didunia dan di akhirat.

Tahajud itu sebagai tempat kita mencurahkan segala keinginan kita, waktu dimana kita dapat saling berbicara antara seorang hamba dengan sang penciptaNya, bukan hanya tentang hari ini, tapi juga tentang segala nya termasuk esok.

Jika kita memilsiki banyak impian, kejarlah impian kita dengan mendirikan Sholat Tahajud dengan diiringi berdoa ⅓ malamnya. ”Doa disaat Tahajud umpama panah yang melesat tepat mengenai sasarannya.” (Imam As-syafi’i).

Shalat malam adalah buah kesadaran utuh bahwa kita mahluk yang faqir, insan sangat butuh kepada Allah SWT, banyak dosa dan sangat hina, maka buahnya pasti rendah hati, belas kasih, penyayang dan dermawan.

Karena itulah tahajud tidak dapat dipisahkan dengan kedermawanan. “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan.”(QS. As Sajadah: 16)

Selanjutnya adalah masuk dalam bagian keutamaan mendirikan sholat Tahajud, sungguh sholat Tahajud itu memiliki banyak sekali keutamaan, Allah SWT menjamin empat hal kepada orang yang mendirikan sholat tahajud. Yang pertama, Allah jamin akan mengangkat karirnya dengan sukses. Yang kedua Allah jamin akan dimudahkan aktivitasnya. Yang ketiga Allah jamin akan dikeluarkan saat dirinya mengalami kesulitan dengan cara terbaik. Yang keempat, Allah jamin kalau dirinya diganggu dalam kehidupannya maka Allah langsung yang akan menolongnya tanpa perantara.

Dan ayat ini diturunkan ketika menolong nabi SAW saat beliau Hijrah ke Mekkah dan Madinah. []

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *