“SEKEJAP” Memahami Al-Qur’an Diluncurkan – Hidayatullah.com

“Kenapa orang belum paham Al-Qur’an? Padahal sudah lama menjadi Muslim dan sering mendengarkan Al-Qur’an?”

“SEKEJAP” Memahami Al-Qur’an Diluncurkan

Abdul Mansur J/hidayatullah.com

Peluncuran Metode SEKEJAP di Masjid RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (21/01/2020).

Hidayatullah.com– Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) RSPAD Gatot Subroto bekerja sama dengan Pusat Pelatihan SEKEJAP Paham Al-Qur’an mengadakan pelatihan memahami Al-Qur’an melalui penerjemahan per kata. Metode ini disusun oleh Ustadz Nur Ihsan Muhammad Lc.

Nur Ihsan mengatakan bahwa SEKEJAP adalah singkatan dari Sistematis, Kerap, Cepat. Tentunya singkatan ini merupakan bentuk harapan kepada masyarakat untuk segera memahami Al-Qur’an.

“Metode ini disiapkan untuk membantu masyarakat yang tidak mempunyai background Bahasa Arab agar dapat paham Al-Qur’an dan akan dilakukan selama 20 kali pertemuan,” kata Nur Ihsan yang juga merupakan Pengajar STIBA Makassar, saat peluncuran Metode SEKEJAP di kompleks RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (21/01/2020).

Ia menjelaskan, memahami makna bacaan Al-Qur’an akan menguatkan keyakinan dan keimanan kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan Al-Qur’an sebagai sumber hidayah.

“Kenapa orang belum paham Al-Qur’an? Padahal sudah lama menjadi Muslim dan sering mendengarkan Al-Qur’an? Allah menjelaskan mengapa Al-Qur’an diturunkan dengan Bahasa Arab agar mudah dipahami,” tambah Nur Ihsan yang merupakan alumnus Universitas Islam Madinah tersebut.

Ada tiga hal utama yang harus diutamakan sebelum belajar Al-Qur’an, yakni: Berdoa, fokus, dan istiqamah; Tidak perlu waktu yang lama, cukup mengambil waktu di antara sebagian waktu kosong yang dikhususkan untuk belajar; dan Cari metode yang baik.

Untuk diketahui, biaya untuk mengikuti pelatihan memahami Al-Qur’an dengan metode SEKEJAP ini sebesar Rp 3.200.000 (mendapatkan buki dan kamus SEKEJAP, Mushaf SEKEJAP, dan pelatihan selama 20 kali pertemuan).

Namun, semua biaya tersebut telah ditanggung pihak DKM Masjid RSAPD sebagai bentuk komitmen agar masyarakat banyak memahami Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umat Islam sampai akhir zaman.* Abdul Mansur J

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur



Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *