“Siapa yang Menolak Mengubur Jenazah Korban Corona, Dia Berdosa dan Harus Bertaubat!”

Hidayatullah.com--Dr. Ahmad Umar Hasyim, anggota Hai’ah Kibar Ulama Al Azhar menyampaikan pernyataan melalui media Mesir,  Yaum Sabi` (11/4/2020) ,” Bahwa sesungguhnya wabah ini ada dengan keketatapan Allah dan takdirnya, dan manusia tidak ada yang intervensi. Dan manusia yang terjangkiti penyakit yang berbahaya seperti wabah Corona dan lainnya dan ia meninggal, maka ia memperoleh pahala syahid.

Ulama yang telah menulis kitab Faidh Al Bari syarh Shahih Al Bukhar ini juga menyatakan,” Bahwasannya penularan penyakit, sesungguhnya ia menjangkiti dengan izin Allah Ta’ala dan bukan ia menular dengan sendirinya, akan tetapi dengan keketapan Allah.”

Ulama Hadits ini juga menegaskan, “Barang siapa menolak memandikan, mangkafani atau mengubur jenazah yang meninggal karena Corona, maka mereka melakukan kesalahan, dan mereka berdosa, dan hendaklah mereka bertaubat kepada Allah dan bersitighfar. Haruslah jenazah dimuliakan, sebagaimana dimuliakan ketika hidupnya.”

Pernyataan Dr. Ahmad Umar Hasyim ini merespon kejadian di sejumlah wilayah di Mesir, di mana ada pihak-pihak yang menolak pemakaman jenazah di pemakaman umum setempat, yang disebabkan meninggal karena Corona.

 



Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *