Sudahkah Mengerti Maknanya? – Islampos

MANUSIA pada hakikatnya lahir dengan tidak membawa apa-apa. Tidak membawa baju, tidak membawa sepatu, tidak membawa harta sedikitpun. Lahir ke dunia tanpa membawa sedikit bekal pun. Maka tidak selayaknya kita sombong, karena sebenarnya kita tidak punya apa-apa selain dari apa yang Allah berikan untuk kita.

Demikian juga dengan ilmu. Terkadang hal yang satu ini lupa untuk diperhatikan, mungkin karena tidak bisa dilihat bentuknya dan tidak bisa diraba. Pada hakikatnya kita pun lahir dengan tidak membawa ilmu. Karenanya wajib untuk kita untuk selalu belajar tentang hal-hal yang membawa manfaat untuk dunia dan akhir kita. Perlu bagi kita untuk belajar berbagai ilmu yang menunjang kehidupan kita di dunia dan ilmu yang membantu kita bersiap untuk kembali ke alam baka.

Sayangnya, salah satu ilmu yang sering luput untuk dipelajari oleh kita adalah ilmu tafsir al-Qur’an. Padahal ilmu tentang hal yang satu ini sangat penting, sebab dengan menguasainya kita bisa menjadi lebih paham tentang kitabullah yang menjadi panduan hidup kita selama di dunia yang fana ini. Tapi memang bisa dipahami karena untuk bisa menguasai ilmu yang satu ini bukan perkara ringan. Harus menguasai bahasa arab, ushul tafsir Qur’an, berbagai masalah asbabun nuzul ayat, nasikh-mansukh, tentu bukan perkara ringan.

Karenanya, TafsirWeb mencoba hadir dan memberikan solusi untuk masyarakat Indonesia. Dengan menghadirkan website untuk membaca dan belajar Qur’an yang simple, insyaaAllah bisa membantu masyarakat Indonesia untuk sedikit banyak memperluas pemahaman mereka tentang al-Qur’an.

Dengan visi menjadi pusat rujukan tafsir terpercaya, maka bukan sembarang tafsir yang disediakan di website ini. Akan tetapi tafsir-tafsir yang dikeluarkan oleh lembaga terpercaya seperti yang dikeluarkan Kementrian Agama RI, dari Kementrian Agama Saudi Arabia, Tafsir al-Mukhtashar yang disupervisi Dr. Shalih Humaid (Imam Masjidil Haram) dan lain sebagainya.

Mana yang harus didahulukan untuk dibaca?

Membaca tafsir Qur’an ringkas di situs TafsirWeb insyaaAllah sangat mudah dan cepat. Selain itu juga gratis, sehingga tidak akan memakan biaya. Akan tetapi kenyataannya tidak semua orang bisa mempunyai waktu untuk membaca seluruh tafsir dengan sempurna, dikarenakan setiap kita sibuk mengerjakan berbagai kegiatan yang berbeda. Karenanya, kami menyarankan beberapa surat tertentu untuk dibaca, yang kami susun berdasar prioritas popularitasnya di masyarakat.

Adapun surat-surat yang kami rekomendasikan untuk dipelajari terlebih dahulu adalah sebagai berikut:

  1. Suroh Fatihah. Tidak bisa dibantah lagi bahwa inilah surat yang paling sering kita baca setiap harinya. Dari anak kecil hingga manula semua selalu membacanya, tapi apakah sudah mengerti dengan baik apa maknanya? Jika belum, tidak ada salahnya untuk segera membaca penjelasannya.

  2. Suroh Baqarah. Setelah al-Fatihah di mushaf tercantum al-Baqarah. Surat istimewa yang bisa membantu untuk mengusir setan dari rumah kita ini mengandung banyak pelajaran aqidah, ibadah dan syari’ah yang penting dipahami setiap kita.

  3. Suroh Yasin. Termasuk surat yang paling sering dibaca oleh masyarakat, maka sudah selayaknya untuk dipahami juga tafsirnya. Terutama oleh mereka yang sering membacanya.

  4. Suroh Kahfi. Para penghuni gua yang Allah lindungi dari fitnah di zamannya, itu adalah salah satu tema utama dari surat ini. Ada juga kisah pengembaraan Nabi Musa ‘Alaihissalaam dalam menuntut ilmu. Dapatkan pembahasannya dalam tafsir surah al-Kahfi.

  5. Suroh Waqiah. Sebuah surat yang dibuka tentang dahsyatnya hari kiamat, hari kebangkitan, hari yang akan dialami oleh setiap kita. Sudahkah dipahami dengan baik maknanya? Apa yang telah kita persiapkan untuk menghadapinya?

  6. Suroh Rahman. Surat yang indah susunan kata-katanya, menyentuh hati dan memanjakan telinga. Tentu ada banyak pelajaran berharga di dalamnya.

  7. Suroh Mulk. Pelajari tentang kekuasaan Allah yang meliputi segala sesuatu di dalam surat yang istimewa ini.

  8. Suroh Dhuha. Dhuha adalah salah satu waktu yang telah kita lalui ribuan kali selamat jatah hidup kita yang sementara di dunia. Sudahkah mengerti tentangnya?

  9. Suroh Naba. Inilah surat yang berisikan tentang berita yang agung, yang diperselisihkan oleh mereka yang tidak beriman.

  10. Suroh Yusuf. Ikuti indahnya kesabaran Nabi Yusuf menjalani berbagai episode kehidupannya. Juga kisah kesabaran ayahnya yang juga merupakan seorang nabi yang mulia, Ya’qub ‘Alaihissalaam.

Demikian berbagai surat yang bisa Anda pelajari tafsirnya dan yang kami sarankan untuk dibaca. Bukan berarti surat yang lain tidak penting atau membatasi, akan tetap ini hanya langkah awal saja. Untuk membaca tafsir surat lainnya bahkan hingga seluruh surat dalam Qur’an tentu sangat baik bahkan itulah yang seharusnya dilakukan. []

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *