Tahajjud, Kenapa Kita Harus? – Islampos

ADA berbagai jenis shalat sunnah yang dianjurkan kepada kita untuk dilaksanakan setiap hari. Semuanya mempunyai keistimewaannya tersendiri. Salah satunya shalat sunnah tahajud.

Shalat sunnah tahajud ialah shalat malam yang dilaksanakan setelah bangun tidur, utamanya dilakukan sendirian sebab dilakukan sepertiga malam. Shalat sunnah ini sangat dianjurkan dan sangat baik dilakukan sebagai ibadah tambahan.

Rasulullah SAW dan para sahabat sangat menjaga amalan shalat ini sepanjang hayat mereka. Allah SWT berfirman, sebagai berikut:

“Dan pada sebagian malam hari Shalat Tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji,” (QS Al-Isra’: 79).

“Bangunlah (untuk Shalat) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya),” (QS Al-Muzzammil: 2).

Rasulullah SAW bersabda, “Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa (sunnah) pada bulan Allah yaitu bulan Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam (Tahajud),” (HR Muslim).

Dari ‘Aisyah RA, ia berkata: “Bahwasannya Rasulullah SAW selalu beribadah di waktu malam sehingga bengkak kedua belah kakinya. Maka saya pun berkata kepadanya: ‘Kenapa kau beribadah sampai jadi begini, ya Rasulullah? Sedangkan Allah SWT telah mengampuni dosa-dosamu yang terdahulu dan dosa-dosamu yang akan datang (seandainya baginda berdosa, padahal sebenarnya baginda maksum dari berbuat dosa). Lalu, Nabi SAW menjawab: ‘Bukankah lebih baik aku menjadi seorang hamba yang banyak bersyukur’,” (HR Al-Bukhari).

Kalimat ‘Bukankah lebih baik aku menjadi seorang hamba yang banyak bersyukur’. Maksud dari kata ‘hamba’ di sini ialah termasuk umatnya sekalian.

Karena, banyak orang ketika mendapatkan sebuah nikmat atau kesuksesan, lalu memuji Allah dengan mengucapkan syukur walaupun kadangkala kerja yang dilakukan untuk mencapai kesuksesan itu dari segi syarak (hukum islam) amat diragukan. Namun, cukuplah hanya mengucapkan perkataan syukur atau terima kasih saja? Apakah hal itu dapat menggambarkan bahwa kita benar-benar ikhlas dengan ucapan tersebut?

Ucapan syukur harus dibuktikan dengan perbuatan. Jika ingin menjadi hamba yang benar-benar bersyukur lakukan shalat sunnah malam (tahajud). Sebagaimana perkataan Rasulullah SAW di atas.

Jika Anda bersyukur tidak hanya dengan ucapan tetapi lakukan dengan perbuatan, salah satunya bangun malam dan melaksanakan shalat sunnah tahajud. Malulah kita kepada Rasulullah SAW yang tidak memiliki dosa tetapi ia tetap senantiasa bersyukur dan beribadah kepada Allah SWT. Lantas kita ini siapa?

Jika Anda bersyukur bukan hanya diucapkan, tetapi dilakukan dengan melakukan shalat sunnah tahajud.

Anda kesulitan untuk bangun malam? Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk bangun dan melakukan shalat sunnah Tahajud.

1. Tetapkan waktu, misal pukul 3 pagi (sesuai niat Anda).
2. Tidur cepat sekitar pukul 10 jam.
3. Sebelum tidur, minum banyak air, agar bila terasa mau buang air kecil, kita terpaksa bangun dan lalu melakukan shalat.
4. Berdoa ada Allah supaya membantu kita melakukan amalan ini.
5. Jangan tunda hingga tahun depan, kerjakan SEKARANG! [].

Referensi: Kaya Dunia Akhirat dengan Amalan 1 Saat/Rafizam Mohamed/Buku Pintar Indonesia/2015

 

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *